21.3.15

Nyepi : moment yang (harusnya) dihargai


hai eskrim.. 
super lama bgt setelah postingan terakhir aku,,,, well skrg aku sudah di Bali. Back for good dari akhir November 2014 kemaren. dan akhirnya setelah 5 tahun aku menikmati hari raya Nyepi lagi, yeaaay!. kebayang banget pas dulu masih di Sg aku suka envy liat status orang-orang yang merasakan gelapnya Bali, segarnya udara karena ga ada asap kendaraan bermotor, hening dan sangat langka apalagi buat yang tinggal di kota.
Coba bayangkan kota super sibuk kayak sg tiba-tiba distop kegiatannya sehari, mall tutup, kantor smua tutup, mrt berhenti, changi yg ga pernah mati tiba2 stop, semua kayak di freeze!!!! hehhe impossible kan.. 

seperti yang semua tau kalo pas Nyepi ada beberapa larangan seperti ga boleh bepergian, ga boleh bersenang2, ga boleh kerja dan ga boleh nyalain api....
aku ga akan cerita lebih lanjut ttg Catur Brata Penyepian karena kalian bs gugel dan penjelasannya lebih ok daripada aku yg abal2 ini.. hohoho..

ada fenomena yang bikin aku sedih setelah seharian mengamati perilaku org2 yang merayakan Nyepi. 

1. Ajang Kabur
jadi karena Nyepi identik dgn kegiatan ga ngapa-ngapain di Rumah, yang mengakibatkan (bagi yg ga enjoy Nyepi) bosaaan yang sangat besar walupun sehari doang, maka jadilah hari ini adalah hari dimana org2 'modern' itu kabur. mereka menginap di villa/hotel lalu pamer bahwa mereka bisa spa jacuzzi berenang enjoy hari raya nyepi tanpa kebosanan dan bersenang2. ga sedikit juga yang keluar Bali, ini jadi hari yang okay buat traveling..
ada yang janggal? bukannya Nyepi sendiri itu dilarang bersenang2...sigh. 
Mungkin fenomena ini diawali oleh org2 non Hindu Bali yang tentunya mereka sangat wajar seperti itu karena mereka tidak merayakan. dan bodohnya ditiru oleh orang kami dan dengan super proud memamerkan ke sok tidak pedulian mereka menghargai Nyepi. Bangga heh? 

2. Ajang pamer foto
pamer foto ga salah kalo pamer hal2 yang berhubungan dgn ritual Nyepi, tapi kayaknya org Bali sendiri sangat suka untuk dikasi jantung di fotonya kalo dia sudah bs pamer menikmati jalanan Bali yang sepi. foto2 di tengah jalan, naik sepeda, rame2 di jalan lalu ngalkohol, main judi di hari yang mereka sombongkan sebagai silent day atau earth day versi Bali... apalagi sekarang lagi ramai sosial media dengan selfie wefie... sedih? kamu bisa nilai sendiri...
bisa diliat contoh foto diatas yang aku dpt di socmed..they look so proud!!!! 

ga cuman foto yang diupload, status2 pamer bahwa sudah pernah keluar dari rumah dan jalan di jalanan sepi adalah hal yang banyak muncul... dan anehnya banyak bgt yg ngelove! apa berarti banyak yang setuju atau iri kepengen kayak gt juga? 

mungkin fenomena2 lain juga ada kayak house music di ogoh2, memanaskan mobil pas nyepi ( mobil kamu ga mati koq kalo ga dipanesin sehari doang, yaelaaaa).. trus ajang belanja buat stok nyepi yang berlebihan. aku ga akan bahas lebih lanjut karena itu hak kalian... nyepi adalah  pengendalian diri...
 
apa orang Bali sudah terlalu sombong dan mudah diadu domba? lalu mulai menghujat nonBali yang mungkin sedikit melanggar atau ga sengaja posting keluhan ttg Nyepi.. 
menyerukan ajakan ingin membakar dan memutilasi orang itu padahal dia sendiri melanggar aturan Nyepi dan bangga upload di socmed. 
Mungkin ini tidak mewakili seluruh orang Bali tapi akan sangat baik jika kita sebagai yang punya budaya menjaga Nyepi biar ga nyimpang. 

last, tulisan ini cuma pengen share kalo begitu kalian jauh dari Bali, kalian akan tau betapa berharganya budaya Bali dan kalian akan tau betapa sedihnya ketika pulang dan melihat Bali berubah spt ini...

yuk coba dihargai lagi tahun depan...

chuuuuu,
Uni 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

heiiii... comment please..:)