30.11.16

Menikah dengan Orang Bali

Hi Eskrim,,

dari liat judulnya aja, pada udah tau kalo aku bakalan ngbahas tentang pernikahan.
Well... bagi aku menikah adalah sebuah keputusan SUPER besar,

cita cita masa kecil : wanita mapan berkarier, tinggal di apartemen mewah, minum wine sepulang kerja...

apalagi dengan kondisi aku dan raa yang pacaran selama delapan tahun, dan Raa adalah orang Bali yang memiliki adat istiadat yang kental.
Aku orang Bali juga, tapi orang bali ga semua tau mengenai adat, ga semua orang bali bisa bikin upakara adat, dan ga semua orang Bali melaksanakan adat. Contoh realnya : aku sendiri.

Aku  lahir dari keluarga biasa saja di seputaran Timur Bali (ini adatnya ga begitu rumit bgt), lalu pindah ke Denpasar  lalu hidup tanpa adat yang sangat mengikat, jadi buat pendatang biasanya kita ga wajib ikut acara acara,cuman bayar sanksi buat gantiin.
Ortu aku bukan wirausaha, semua yang wajib ngantor tiap hari kecuali weekend, yang bikin aku hidup dalam budaya praktis. Sebagai seorang yang beragama, kami ttp sembahyang cuman ya secara sederhana sesuai dengan di Denpasar sendiri. Rumah yang kecil membuat upakara yang dibuat juga simple dan ga banyak.
Abis kuliah aku cabut ke Bandung lalu Singapore, makin bikin ga ngeh ttg adat Bali.

Lalu di hubungan pacaran aku yang ke 6 ada pertanyaan " will you marry me?"
-------------------------------------- jeng jeng

Menikah dengan orang Bali, apalagi jika pacar kamu itu adalah anak yang terpilih untuk mewarisi rumah adat, istilahnya "ngarep", adalah big issue buat aku. Loh bukannya bagus tuh si PEWARIS?
ngarep itu selain mewarisi rumah, juga mewarisi adat yang dibebankan ke rumah tersebut seperti harus datang ke acara ini, harus ikut persiapan upacara ini dll, dan itu sebulan bisa banyak kali dengan waktu yang tidak tentu. Jadi begitu kamu si pewaris menikah, otomatis yang dulunya bapak kamu yng melakukan pekerjaan adat kini kamu yang wajib datang, so Bye Bye living outside Bali begitu nikah, tinggal di luar desa juga susah jadi mesti tinggal di rumah adat bersama keluarga besar.


Jujur sejujur jujurnyaaaaa ini aku takut laah..
Ketakutan untuk tidak menjadi diri sendiri, tinggal bersama mertua, masuk kehidupan sosial bali , siap siap jadi artis yang digosipin cuman karena kamu keluar rumah pake baju robek (yee..)
Terus? kalo ga nikah? iya gitu bisa ninggalin Raa yang udah bareng bareng lama, mana bisa kan..?



 aku akhirnya mengiyakan.. yah tetep sih ada drama dramanya.
 " okay raa..kita nikah"
" duh ga siap, gausah ajaaaa "
" jadi deh raa, toh ga mungkin putus ini, udah 8 taun loh"
"arrrgghhhh aku ga pengen nikah, titik!"

terus begitu pertentangan batin sampe sadar besoknya udah upacara.. 😅, dan sekarang di sinilah aku back for good demi melanjutkan hidup ke tahap menikah.
Menikah dengan orang Bali itu mesti :
1. Pinter
Kenapa pinter? karena kamu mesti nghadepin banyak hal hal yang sedikit di luar logika, jadi mesti pinter nyaring yang berguna dan mana musti masuk otak. Contoh : kalo ga hamil setelah menikah itu artinya dikenain ilmu hitam... jadi kudu cepet, kalo ga bisa kena gosip sekelurahan. Pinter belajar adat baru yang ruarrrr biasa beda, mebanten (sesajen) aja tiap hari bisa 100 biji... ><
Pinter ngakalin di hari apa kamu boleh jalan jalan, karena kalo jalan jalan pas bulan penuh (Purnama) atau hari raya lain yang datangnya 15 hari sekali itu haram hukumnya.
Pinter dandan? whoooaaaa... yes! ini bahkan termasuk salah satu komentar suami, aku mesti belajar dandan kalo ke Pura, kalo ngayah, kalo ke banjar, whatsoever bla bla... karena saingan kamu yang heboh banyak, karena kalo kamu ga dandan jadi gosip, karena kalo kamu maong itu mertua kamu malu,... yaaaeeelaa.. makanya bisnis kebaya laku keras di Bali, apa buka toko aja kita?

POKOKNYA WAJIB PINTER!
2. Cuek
Nah begitu udah pinter, INI YANG UTAMA, kamu mesti belajar anjing menggonggong , ya kasi aja, namanya juga anjing masa mengeong... karena ga semua warga bali bisa suka sama kamu. Hari ini si ibunya A di depan aku bilang rajin bgt sih kamu, lalu nantinya si ibunya A gosip sama ibunya B tentang aku... oh me gos!!!
Waktu honeymoon ke Jepang kemaren aja padahal ga bilang bilang kan mau ke Jepang 2 minggu, eh iya gitu bisa sampe kepala Desa tau... pura pura gatau aja kalo ada yang nitip nitip... kami mau honeymoon loooh pak...bukan buka jasa titip gratis..
3. Percaya diri
maksudnya kamu mesti yakin ama diri kamu sendiri kalo apa yang kamu lakuin itu bener, contoh : masak dengan resep kamu sendiri, walo gagal dan dikomentarin "kan dah dibilangin, pisangnya itu segini, diisiin ini itu dulu, dll"..... kamu mesti bilang,  nggak.. iniii enak koooq...
trus komentar" kainnya koq gtu, bajunya koq gitu, dll dll... Jadi intinya apapun way nya kamu ngerjain sesuatu pasti ada aja yang beda, karena rule hidup kamu ama siapa pun pasti beda. Jadi be your self aja, iyain tapi jangan dikerjain kalo emang ga sesuai sama pendapat kamu.



Yeah,, itu cuma cth kecil sih, cuman ada saatnya memang kamu ngalah dan lebih baik diam dan tutup telinga, karena itu bantu kamu untuk tetap waras.
Menikah itu ga lagi tentang aku dan Raa, tapi begitu menikah, ada banyak hal tambahan seperti keluarga, kesehatan keluarga, tetangga ini itu, sodara ini itu, ikatan sosial, upacara keagamaan, kenapa belum hamil, asuransi, cicilan, target ke depan,, dll dll..
Menikah itu tidak sesederhana bilang IYA ketika dilamar, menikah itu menyenangkan sekaligus menegangkan..

Well..
sampai detik ini pun, aku masih belajar beradaptasi, belajar nerimooo, belajar ikhlas, belajar yakin bahwa ini adalah tahapan yang bener, tahapan yang bikin aku naik tingkat menjadi seorang wanita, ninggalin zona si wanita single yang kariernya bagus, hidup di LN dengan duit buat travel selalu ada.
menjadi si wanita yang menikah, tinggal di Ubud, ngayah di Pura, wirausaha rumahan, dengan duit yang prioritasnya kini jadi beda. Travel tetep penting namun di urutan yang ke sekian.
Menjadi wanita yang melambatkan rutinitas, menikmati kehidupan dengan pelan.


Jadi masih mau menikah dengan orang Bali?


Uni





1 komentar:

heiiii... comment please..:)